TOPIK AKSI NYATA
(Diajukan Guna
Memenuhi Tugas Mata Kuliah Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan)
Dosen Pengampuh:
Dr. Mohammad Na’im, M.Pd
Oleh: Adang
Rismanto
NIM: 240211105690
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN PROFESI GURU
FAKULTAS KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2023
Aksi Nyata.
No. |
Alur
Pembelajaran |
Pertanyaan
Refleksi |
Jawaban |
1. |
Mulai Dari Diri |
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum
memulai proses pembelajaran? |
Saya berpikir bahwa topik ini sebelum saya mempelajari
topik ini yaitu bahwa isu dalam pendidikan hanya terbatas dalam isu yang ada
di sekolah saja seperti isu sosial dalam pendidikan saja |
2. |
Eksplorasi Konsep |
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda
pelajari dalam topik ini? |
Saya mempelajari materi ini saya mempelajari bahwa isu dalam pendidikan
saat ini sangat erat kaitannya dengan isu politik, sosial, budaya, dan
ekonomi. Isu politik berkaitan dengan pengambilan keputusan dari atas
mengenai alokasi an ggaran, kebijakan, dan struktur organisasi dalam kependidikan.
Isu sosial dan ekonomi meliputi beberapa hal yaitu kesulitan akses
pendidikan, kualitas pendidikan yang sering kali menjadi kesenjangan sosial
dan ekonomi dimana dalam lapisan masyarakat terkadang kurang beruntung dalam
mengenaym pendidikan. Isu budaya meliputi tantangan dalam emnciptakan sebuah
lingkungan pendidikan yang menghargai keanekaragaman budaya, bahasa, dan tradisi
yang ada dalam masyarakat. |
3. |
Ruang Kolaborasi |
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan
rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? |
Dalam ruang kolaborasi syaa mempelajari mengenai isu
dalam pendidikan dengan lebih mendalam. Pemahaman konsep ini saya pelajari
dengan berkolaborasi mengenai pandangan atau pendapat mengenai sisu dalam
pendidikan bersama rekan atau teman satu keompok. Dalam ruang kolaborasi kita
dapat memadukan berbagai pendapat yang ada untuk memunculkan suatu kesimpulan
mengenai bagaimana mengatasi isu-isu dalam pendidikan. |
4. |
Demonstrasi Kontekstual |
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses
demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang
materi, rekan, dan diri sendiri)? |
Dalam demonstrasi konseptual kita berdiskusi
mengenai bagaimana isu-isu dalam pendidikan. Terutama mengenai isu-isu dalam
pendidkan dan bagaimana cara kita untuk dapat menerapkan pembelajaran supaya
dapat mengatasi masalah isu-isu dalam pendidikan pada saat ini. |
5. |
Elaborasi Pemahaman |
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal
sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? |
-
isu dalam pendidikan saat ini sangat erat kaitannya dengan isu politik,
sosial, budaya, dan ekonomi. Isu politik berkaitan dengan pengambilan
keputusan dari atas mengenai alokasi an ggaran, kebijakan, dan struktur
organisasi dalam kependidikan. Isu sosial dan ekonomi meliputi beberapa hal
yaitu kesulitan akses pendidikan, kualitas pendidikan yang sering kali
menjadi kesenjangan sosial dan ekonomi dimana dalam lapisan masyarakat
terkadang kurang beruntung dalam mengenaym pendidikan. Isu budaya meliputi
tantangan dalam emnciptakan sebuah lingkungan pendidikan yang menghargai
keanekaragaman budaya, bahasa, dan tradisi yang ada dalam masyarakat. - Hal baru yang sudah saya dapatkan mengenai isu-isu
dalam pendidikan. Karena saya awalnya tidak mengetahu lebih dalam menjadi
dapat mengetahui lebih dalam mengenai isu dalam pendidikan. -Yang saya ingin pelajari secara lanjut yaitu
mengenai isu-isu dalam pendidikan dan bagaimana cara mengatasi isu-isu dalam
pendidikan pada saat ini. |
6. |
Koneksi Antar Materi |
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar
materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah
lain? |
Dalam koneksi ini saya melakukan pembelajaran dengan
mengaitkan isu-isu dalam pendidikan dengan mata kuliah yang lain. Pengaitan pengetahuan
ini meliputi berbagai mata kuliah yang ditempuh selama mengikuti PPG pada semester
1 ini. Dengan melakukan hal tersebut, maka akan dapat meperoleh pemahaman yang
lebih baik dalam penerapan mengatasi nisu-isu dalam pendidikan. |
7. |
Aksi Nyata |
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa
alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya
dengan optimal? |
-Pembelajaran mengenai isu-isu dalam pendidikan ini
sangat penting sekali. Karena dengan memahami hal tersebut, maka saya dapat
menerapkan pembelaaran yang baik untuk mengatasi kendala dalam isu dalam
pendidikan. -Kesiapan saya mengenai konsepsi ini menurut saya 8
dari 10. Karena saya masih memiliki kekurangan dalam pemahamam isu dalam
pendidikan ini dan harus terus dikembangkan lagi dengan memperbanyak literasi
bacaan isu dalam pendidikan dan perlu adanya aksi nyata dalam mengatasi isu
dalam pendidikan -Yang perlu saya persiapkan adalah pemahaman mendalam
mengenai konsepsi strategi pemahaman isu dalam pendidikan ini. Selain itu
saya juga harus dapat memahamai bagaimana mengatasi isu dalam pendidikan. Sehingga
saya dapat membuat pembelajaran yang sesuai dan mendukung peserta didik. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar