Kamis, 28 Desember 2023

Refleksi Aksi Nyata Topik 6 Presfektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan PPG Prajabatan


TOPIK AKSI NYATA

(Diajukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan)

 

 

Dosen Pengampuh: Dr. Mohammad Na’im, M.Pd

 

 

 

 

Oleh: Adang Rismanto

NIM: 240211105690

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS JEMBER

2023


Aksi Nyata.

No.

Alur Pembelajaran

Pertanyaan Refleksi

Jawaban

1.

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Saya berpikir bahwa topik ini sebelum saya mempelajari topik ini yaitu bahwa isu dalam pendidikan hanya terbatas dalam isu yang ada di sekolah saja seperti isu sosial dalam pendidikan saja

2.

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Saya mempelajari materi ini saya mempelajari bahwa isu dalam pendidikan saat ini sangat erat kaitannya dengan isu politik, sosial, budaya, dan ekonomi. Isu politik berkaitan dengan pengambilan keputusan dari atas mengenai alokasi an ggaran, kebijakan, dan struktur organisasi dalam kependidikan. Isu sosial dan ekonomi meliputi beberapa hal yaitu kesulitan akses pendidikan, kualitas pendidikan yang sering kali menjadi kesenjangan sosial dan ekonomi dimana dalam lapisan masyarakat terkadang kurang beruntung dalam mengenaym pendidikan. Isu budaya meliputi tantangan dalam emnciptakan sebuah lingkungan pendidikan yang menghargai keanekaragaman budaya, bahasa, dan tradisi yang ada dalam masyarakat.

3.

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Dalam ruang kolaborasi syaa mempelajari mengenai isu dalam pendidikan dengan lebih mendalam. Pemahaman konsep ini saya pelajari dengan berkolaborasi mengenai pandangan atau pendapat mengenai sisu dalam pendidikan bersama rekan atau teman satu keompok. Dalam ruang kolaborasi kita dapat memadukan berbagai pendapat yang ada untuk memunculkan suatu kesimpulan mengenai bagaimana mengatasi isu-isu dalam pendidikan.

4.

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Dalam demonstrasi konseptual kita berdiskusi mengenai bagaimana isu-isu dalam pendidikan. Terutama mengenai isu-isu dalam pendidkan dan bagaimana cara kita untuk dapat menerapkan pembelajaran supaya dapat mengatasi masalah isu-isu dalam pendidikan pada saat ini.

5.

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?  

- isu dalam pendidikan saat ini sangat erat kaitannya dengan isu politik, sosial, budaya, dan ekonomi. Isu politik berkaitan dengan pengambilan keputusan dari atas mengenai alokasi an ggaran, kebijakan, dan struktur organisasi dalam kependidikan. Isu sosial dan ekonomi meliputi beberapa hal yaitu kesulitan akses pendidikan, kualitas pendidikan yang sering kali menjadi kesenjangan sosial dan ekonomi dimana dalam lapisan masyarakat terkadang kurang beruntung dalam mengenaym pendidikan. Isu budaya meliputi tantangan dalam emnciptakan sebuah lingkungan pendidikan yang menghargai keanekaragaman budaya, bahasa, dan tradisi yang ada dalam masyarakat.

- Hal baru yang sudah saya dapatkan mengenai isu-isu dalam pendidikan. Karena saya awalnya tidak mengetahu lebih dalam menjadi dapat mengetahui lebih dalam mengenai isu dalam pendidikan.

-Yang saya ingin pelajari secara lanjut yaitu mengenai isu-isu dalam pendidikan dan bagaimana cara mengatasi isu-isu dalam pendidikan pada saat ini.

6.

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Dalam koneksi ini saya melakukan pembelajaran dengan mengaitkan isu-isu dalam pendidikan dengan mata kuliah yang lain. Pengaitan pengetahuan ini meliputi berbagai mata kuliah yang ditempuh selama mengikuti PPG pada semester 1 ini. Dengan melakukan hal tersebut, maka akan dapat meperoleh pemahaman yang lebih baik dalam penerapan mengatasi nisu-isu dalam pendidikan.

7.

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? 

-Pembelajaran mengenai isu-isu dalam pendidikan ini sangat penting sekali. Karena dengan memahami hal tersebut, maka saya dapat menerapkan pembelaaran yang baik untuk mengatasi kendala dalam isu dalam pendidikan.

-Kesiapan saya mengenai konsepsi ini menurut saya 8 dari 10. Karena saya masih memiliki kekurangan dalam pemahamam isu dalam pendidikan ini dan harus terus dikembangkan lagi dengan memperbanyak literasi bacaan isu dalam pendidikan dan perlu adanya aksi nyata dalam mengatasi isu dalam pendidikan

-Yang perlu saya persiapkan adalah pemahaman mendalam mengenai konsepsi strategi pemahaman isu dalam pendidikan ini. Selain itu saya juga harus dapat memahamai bagaimana mengatasi isu dalam pendidikan. Sehingga saya dapat membuat pembelajaran yang sesuai dan mendukung peserta didik.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Topik 1 Aksi Nyata Presfektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan PPG Prajabatan

      TOPIK AKSI NYATA   (Diajukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan)     Dosen Pe...