Kamis, 28 Desember 2023

Topik 1 Aksi Nyata Presfektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan PPG Prajabatan

 

 


 

TOPIK AKSI NYATA

 

(Diajukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan)

 

 

Dosen Pengampuh: Dr. Mohammad Na’im, M.Pd

 

 

 

 

Oleh: Adang Rismanto

NIM: 240211105690

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS JEMBER

2023


1. Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

            Sebelum memulai proses pemeblajaran, hal yang saya fikirkan mengenai topik pertama ini yaitu mengenai beberapa foktor yang dapat mempengaruhi pembelajaran. Baik itu faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik. Dimana semua faktor ini memiliki banyak hal untuk mendukung dan menjadi penghambat dalam melakukan sebuah pembelajaran. Baik itu dari sisi pendidik ataupun peserta didik. Mungkin itu gambaran yang saya peroleh sebelum mempelajarai topik ini.

2. Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

            Banyak hal yang saya pelajari dari topik ini pemahaman mengenai multikulturalisme, mediasi, potensi belajar, pendidikan kognitif dan alat psikologis dimana semua itu memberikan saya sebuah gambaran mengenai masalah dan juga pemecahamn masalah mengenai faktor penghambat dan pendukung dari senuah pembelajaran atau pendidikan. Selain itu saya juga mempelajari mengenai  dalam sebuah program pendidikan kognitif harus dibangun sebagai kombinasi dari sistem perangkat simbolik dengan pendekatan didaktik berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran termediasi. Saya juga mepelajari bahwa  batas  harus  ditemukan  antara  fungsi  kognitif  dasar  yang berfungsi  sebagai  dasar  untuk  setiap  kegiatan  pembelajaran  dan  fungsi  kognitif  yang  lebih khusus yang terkait dengan pembelajaran konseptual dalam bidang kurikuler tertentu. Rupanya fungsi-fungsi dasar ini menjadi bergabung dan berubah dalam sistem konseptual yang baru.

3. Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

            Pada ruang kolaborasi saya mempelajari hal-hal mengenai multikulturalisme, mediasi, dan potensi belajar. Saya bersama rekan-rekan saya mempelajari mengenai apa itu multikulturalisme, bagaimana multikulturalisme dapat menjadi salah satu faktor tantangan dalam pendidikan di Indonesia, dan kami mempelajari mengenai potensi belajar peserta didik. Potensi belajar peserta didik penting untuk perkembangan peserta didik dalam prose pembelajaran. Selain itu kami mempelajari mengenai media. Media mempunyai arti penting dalam penddikan di Indonesia karena untuk perkembangan mental anak. Selain itunmediasi juga bisa digunakan dalam pembelajaran dengan membentuk simbol untuk mempermudah pemahaman peserta didik.

4. Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

            Hal penting yang saya pelajari yaitu terkait bagaimana sosial ekonomi, politik dan budaya dapat emmpengaruhi pendidikan di Indonesia. Dimana saya mempelajari apa saja faktor yang negatif dari adanya perbedaan sosial budaya. Dengan mengetahui hal tersebut saya dapat mengetahu hambatan dan penyelesaian yang bisa saya lakukan. Saya mempelajari juga mengenai materi pendiidkan multikulturalisme. Saya juga mempelajari mengenai mediasi, potensi belajar, dan pendidikan kognitif dalam pendidikan. Saya juga mempelajari mengenai pendidikan pada masa Jepang, dimana terdapat banyak sekali hal yang disoroti salah satunya adalah adanya kelas sosial dalam pendidikan.

5. Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?  Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

- Hal yang sudah saya fahami sejauh ini meliputi beberapa hal yaitu multikulturalisme yang merupakan suatu hal yang penting difahami dalam sebuah pendidikan. Karena dalam multikulturalisme terdapat beberapa hal yang perlu disoroti salah satunya adalah budaya dalam pembelajaran. Masalah budaya dalam pembelajaran tidak dapat dipisahkan karena tujuan pembeljaaran adalah transmisi budaya dari generasi ke generasi yang lain. Selain itu saya juga mempejaraui mengenai mediasi. Mediasi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi peserta didik. Hal ini karena mediasi dapat mempengaruhi bagaimana perkembangan mental dari peserta didik. Selain itu saya juga mempelajari mengenai potensi belajar. Dimana Potensi belajar sangat berkaitan dengan tingkat kecerdasan atau suatu kemampuan peserta didik. Hal ini berkaitan dengan IQ seseorang. Terdapat perbedaan antara IQ peserta didik yang satu dengan yang lain. Kecerdasan IQ, dengan melihat itu kita dapat melihat bagaimana kemampuan belajar anak. Hal lain yang saya pelajari yaitu mengenai pendekatan kognitif dan alat psikologi yang mana hal ini yang secara pemahaman saya yang berhubungan dengan suatau alat yang di guakan untuk mengukur kognitif peserta didik, meningkatkan proses kegiatan belajar siswa dan memahami, serta meningkatkan hasil belajar siswa.

- Yang batru saya fahami mengenai materi ini yaitu mengenai pendidikan kognitif dan alat psikologi. Saya baru memmahami bahwasannya ternyata pendidikan kogniif dan alatb psikologi ini memiliki peran yang sangat penting bagi guru karena dapat digunakan untuk mengukur sebuah level kognitif peserta didik, dapat memahami peserta didik, dan meningkatkan proses kognitif dan hasil belajar peserta didik. Saya yang awalnya tidak tahu menahu mengenai ini dapat memahami ini setelah menempuh matab kuliah persfektif sosial kultural ini.

- yang ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu mengenai materi pendidikan kognitif dan alat psikologi ini karena menurut saya hal ini sangat menarik. Selain ini digunakan sebagai alat dalam menilai sesuatu, pada materi ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa untuk perkembangan mereka. Jadi menurut saya saya tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai materi pendidik kognitif dan alat psikologi ini.

6. Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Hal yang saya pelajari:

a.       Keterkaitan dengan mata pelajaran pemahaman tentang peserta didik:

Koneksi antara materi dengan Perkembangan sosial emosiona peserta didik yaitu dalam sosial emosional terdapat materi mengenai perkembangan sosial emosional peserta didik. Hal itu berkaitan dengan materi dalam presfektif sosial kultural mengenai mediasi. dalam perkembangan emosional peserta didik pendidik harus bisa melakukan motivasi terhadap siswa supaya peserta didik secara emosional dapat mengembangkan dirinya dengan baik. motivasi ini merupakan salah satu fungsi dari mediasi.

b.      Keterkaitan dengan mata pelajaran filosofi pendidikan di Indonesia

Koneksi mata pelajaran ini terkait dengan filosofi pendidikan di Indonesia yaitu dalam filosofi pendidikan di Indonesia terdapat materi pemikiran ki Hadjar, tentang tujuan pendidikan adalah menuntun kodrat anak dan perilakunya supaya menjadi lebih baik. Hal ini berkaitan dengan materi pada mata kuliah presfektif sosial kultural kognitif dan psikologi anak karena dalam menuntun peserta didik pendidik juga harus memperhatikan aspek psikologi anak supaya peserta didik dapat meningkatkan kepercayaan diri dan dapat menjadi pribadi yang lebih baik sesuai dengan kodradnya

c.       Keterkaitan dengan mata kuliah literasi dalam lintas mata pelajaran

Koneksi antar materi dengan Literasi Lintas Mata Pelajaran yaitu mengenai strategi literasi dalam tahap mata pelajaran. dalam hal ini pendidik harus menentukan strategi bagus supaya dalam strategi pembelajaran memahami konten dapat berjalan dengan biak. Hal ini dapat dikaitkan dengan materi pendidikan kognitif berbasis konten. Hal itu karena dengan mempelajari materi ini kita dapat membantu siswa dalam metode yang akan dipakai, sehingga siswa dapat memahami dan mengingat sebuah konten materi. Pendidik yang mempelajari dua hal ini akan mendapatkan sebuah pemahaman yang lebih biak terkait strategi yang akan digunakan dalam pembelajaran.

d.      Keterkaitan dengan mata kuliah prinsip pengajaran dan assesmen 1

Keterkaitan yang ada dengan materi pada mata pelajaran ini yaitu dalam menyusun rancangan dalam materi prinsip pengajaran dan assesmen pendidik harus memperhatikan beberapa aspek dalam yaitu multikultural, aspek kognitif, psikologis, dll. Semua hal itu ada dalam mata pelajaran presfektif sosial kultural. jadi pendidik harus memahami materi yang ada dalam mata kuliha presfektif sosial kutural supaya dalam menyusun prinsip pengajaran assesmen pendidik dapat menyusun dengan baik.

7. Pertanyaan:


Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?        

Jawaban:

            Manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan saya menjadi seoarang guru yaitu pertama dapat memberikan pengetahuan baru mengenai materi-materi yang sudah ada dalam pembelajaran ini seperti materi mengenai multikultural, mediasi, potensi belajar, dan lainnya. Dengan memepelajari itu saya dapat menentukan bagaimana proses pembelajaran yang baik dan dapat meningkatkan proses pembelajaran supaya memperoleh hasil yang memuaskan. Hal itu ditunjang dari materi yang sudah dipelajari yang mengajarkan saya banyak hal yang dapat menjadi faktor pendukung dalam sebuah pembeljaran dan foktor pemghambatnya. Sehingga saya dapat menyusun pembelajaran supaya saya dapat mendung pembelajaran dengan baik. Selain itu dengan memepelajari materi yang sudah ada, dapat memberikan kesiapan saya menjadi seorang guru dengan memahami materi pendidikan kognitif dan alat psikologui yang dapat digunakan sebagai alat untuk menilai peserta didik dan dapat dipakai untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa untuk perkembangan mereka.

            Kesiapan saya untuk menjadi seorang guru untuk saat ini diantara kisaran 7-8. Hal itu nkarena masih ada beberapa hal yang harus saya perbaiki untuk menjadi guru yang lebih baik. Saya juga harus memperdalam pemahaman mengenai materi presfektif sosial kultural ini dengan lebih baik lagi. Persiapan tindak lanjut saya yaitu dengan terus berusaha dan semangat dalam mempelajari hal-hal baru dalam dunia pendidikan. Khususnya dalam menempuh perkulihaan PPG Prajabatan ini. Saya harus mempersiapkan mental untuk menjadi guru yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Topik 1 Aksi Nyata Presfektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan PPG Prajabatan

      TOPIK AKSI NYATA   (Diajukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan)     Dosen Pe...