TOPIK AKSI NYATA
(Diajukan Guna
Memenuhi Tugas Mata Kuliah Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan)
Dosen Pengampuh:
Dr. Mohammad Na’im, M.Pd
Oleh: Adang
Rismanto
NIM: 240211105690
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN PROFESI GURU
FAKULTAS KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2023
Aksi Nyata.
No. |
Alur
Pembelajaran |
Pertanyaan
Refleksi |
Jawaban |
1. |
Mulai Dari Diri |
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum
memulai proses pembelajaran? |
Hal yang saya fikirkan tentang topik ini seeblum memulai
pembelajaran yaitu hanya mengenai konsep sosial kultural dalam pendidikan dan
bagaimana cara menerapkannya |
2. |
Eksplorasi Konsep |
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda
pelajari dalam topik ini? |
Hal yang syaa pelajari mengenai konsep dasar presfektif
sosial kultural dalam pendidikan. Dimana aktivitas sosial dan interaksi orang
dewasa membentuk dasar dari sosial kognitif seperti status sosial ekonomi
(SES). SES akan berpengaruh terhadap pola interaksi, dalam melakukan mediasi,
dan budaya. SES rendah merupakan faktor risiko keterasingan (keterlibatan
rendah dan masalah disiplin), terkait dengan kurang keberhasilan, dan
persepsi ketidakadilan, dukungan rendah, dan penilaian oleh guru. Selian itu
terdapat CHAT (Cultural Historical, Activity Theory). Dalam CHAT, perhatian
pada pengaruh sosio genetik pada
perkembangan dan pencapaian
status kelompok merupakan
hal mendasar dan memerlukan analisis
dinamis dari agensi
yang menempatkan pembelajaran dan pengembangan individu. |
3. |
Ruang Kolaborasi |
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan
rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? |
Hal yang syaa pelajari pada ruang kolaborasi yaitu
mempelajari penera[an pembelajaran sebagai kasus studi, dimana di dalamnya
terdapat beberapa conoth literasi yang harus di baca yaitu belajar
berdemokrasi, Ray sang pecandu online game, dan literasi dasar dari buku
melawan setan bermata runcing: pengalaman gerakan pendidikan sekolah. Semua hal
itu didiskusikan oleh kelompok kami dengan melihat faktor sosial, budaya, ekonomi
da politik dalam menganalisah. Selain itu saya emmplejaari megenai
pertimbangan presfektif sosial kultural dalam pendidikan. |
4. |
Demonstrasi Kontekstual |
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses
demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang
materi, rekan, dan diri sendiri)? |
Hal yang saya peroleh yaitu dengan rekan sejawat
mengenai konseop bekerja sama sebagai tim dan tolong menolong dalam
mengerjakan tugas yang sudah ada. untuk diri sendiri saya memperoleh hasil
berupa peningkatan diri dalma bekerja secara kelompok dan meningkatkan
pengetahuan saya mengenai hal yang di diskusikan. Hal yang didiskusika
mengenai bagaimana cara pendidik untuk dapat pembelajaran dengan
mempertimbangkan presfektif sosial kultural denganberpacu pada perbedaan
sosial, budaya, politik, dan ekonomi yang ada. |
5. |
Elaborasi Pemahaman |
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami
tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang
berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih
lanjut? |
-Sejauh ini hal yang sudah saya fahami mengenai SES
dan CHAT. Dimana seperti status sosial ekonomi (SES). SES akan berpengaruh
terhadap pola interaksi, dalam melakukan mediasi, dan budaya. SES rendah
merupakan faktor risiko keterasingan (keterlibatan rendah dan masalah disiplin),
terkait dengan kurang keberhasilan, dan persepsi ketidakadilan, dukungan
rendah, dan penilaian oleh guru. Selian itu terdapat CHAT (Cultural
Historical, Activity Theory). Dalam CHAT, perhatian pada pengaruh sosio
genetik pada perkembangan dan
pencapaian status kelompok
merupakan hal mendasar
dan memerlukan analisis dinamis
dari agensi yang
menempatkan -Hal bartu yang saya faham,i mengenai bagaimana SAS
ini sangat berpnegaruh terhadap pola interaksi siswa dalam banyak hal
termasuk proses pembelajaran. Selain itu saya memahami bahwa hal ini terjadi
karena seseorang yang emmiliki pola SES rendah dia cenderung akan pendiam
karena tidak memiliki power atau motivasi dalam dirinya kurang. Selain itu
saya memahami hal baru mengenai CHAT. Dalam CHAT pendidik hatus lebih menaruh
perhatuian sosio genetik dalam perkembangan peserta didik -Hal yang saya ingin pelajari secara lanjut yaitu
mengenai SAS dan CHAT. Saya ingin mempelajari lebih lanjut karena menurut
saya dengan memahami konteks ini lebih baik saya akan lebih baik lagi dalam
melihat perkembangan anak dan melakukan pembelajarn dengan baik. |
6. |
Koneksi Antar Materi |
|
Hal yang syaa pelajari dari koneksi antar materi
yaitu pengaitan dengan mata kuliah yang lainnya. Contohnya Jika dikaitkan
dengan mata kuliah litreasi berperanmengenai pembuatan teks multimoda yang
sesuaidengan adanya sebuah perbedaan untuk menimbulkanrasa semangat melakukan
literasi. Jika dikaitkan dengan materi Asessmen Pembelajaran terkita mengenai
bagaimana cara pendidik untuk melakukan asessmen diagnostik awal atau
asessmen AS Learning untuk melihat perbdaan dan mendesain pembelajaran dengan
lebih baik. |
7. |
Aksi Nyata |
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan
Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat
ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut
untuk bisa menerapkannya dengan optimal? |
-Pembelajaran ini sangat bermanfaat karena dengan
mengetahui SES dan CHAT saya dapat merefleksi diri saya dan mengembangan diri
saya terkait pemahaman dan apa yang akan saya laklukan untuk mem buat
pembelajaran dengan lebih baik dan bermutu. -Kesiapan saya saya menilai baru diangka 75%. Saya katakan
seperti itu karena saya harus lebih memperdalam lagi pemahaman terkait SES da
CHAT. -Hal yang harus saya persiapkan lebih lanjut yaitu
dengan kembali mempelajari SES dan CHAT untuk lebih memperdalam pemahaman
saya. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar