Kamis, 28 Desember 2023

Aksi Nyata Topik 2 Presfektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan PPG Prajabatan

 

 


TOPIK AKSI NYATA

(Diajukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan)

 

 

Dosen Pengampuh: Dr. Mohammad Na’im, M.Pd

 

 

 

 

Oleh: Adang Rismanto

NIM: 240211105690

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS JEMBER

2023


Aksi Nyata.

No.

Alur Pembelajaran

Pertanyaan Refleksi

Jawaban

1.

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Hal yang saya fikirkan tentang topik ini seeblum memulai pembelajaran yaitu hanya mengenai konsep sosial kultural dalam pendidikan dan bagaimana cara menerapkannya

2.

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Hal yang syaa pelajari mengenai konsep dasar presfektif sosial kultural dalam pendidikan. Dimana aktivitas sosial dan interaksi orang dewasa membentuk dasar dari sosial kognitif seperti status sosial ekonomi (SES). SES akan berpengaruh terhadap pola interaksi, dalam melakukan mediasi, dan budaya. SES rendah merupakan faktor risiko keterasingan (keterlibatan rendah dan masalah disiplin), terkait dengan kurang keberhasilan, dan persepsi ketidakadilan, dukungan rendah, dan penilaian oleh guru. Selian itu terdapat CHAT (Cultural Historical, Activity Theory). Dalam CHAT, perhatian pada pengaruh sosio genetik pada  perkembangan  dan  pencapaian  status  kelompok  merupakan  hal  mendasar  dan memerlukan  analisis  dinamis  dari  agensi  yang  menempatkan  pembelajaran  dan pengembangan individu.

3.

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Hal yang syaa pelajari pada ruang kolaborasi yaitu mempelajari penera[an pembelajaran sebagai kasus studi, dimana di dalamnya terdapat beberapa conoth literasi yang harus di baca yaitu belajar berdemokrasi, Ray sang pecandu online game, dan literasi dasar dari buku melawan setan bermata runcing: pengalaman gerakan pendidikan sekolah. Semua hal itu didiskusikan oleh kelompok kami dengan melihat faktor sosial, budaya, ekonomi da politik dalam menganalisah. Selain itu saya emmplejaari megenai pertimbangan presfektif sosial kultural dalam pendidikan.

4.

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal yang saya peroleh yaitu dengan rekan sejawat mengenai konseop bekerja sama sebagai tim dan tolong menolong dalam mengerjakan tugas yang sudah ada. untuk diri sendiri saya memperoleh hasil berupa peningkatan diri dalma bekerja secara kelompok dan meningkatkan pengetahuan saya mengenai hal yang di diskusikan. Hal yang didiskusika mengenai bagaimana cara pendidik untuk dapat pembelajaran dengan mempertimbangkan presfektif sosial kultural denganberpacu pada perbedaan sosial, budaya, politik, dan ekonomi yang ada.

5.

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?  

-Sejauh ini hal yang sudah saya fahami mengenai SES dan CHAT. Dimana seperti status sosial ekonomi (SES). SES akan berpengaruh terhadap pola interaksi, dalam melakukan mediasi, dan budaya. SES rendah merupakan faktor risiko keterasingan (keterlibatan rendah dan masalah disiplin), terkait dengan kurang keberhasilan, dan persepsi ketidakadilan, dukungan rendah, dan penilaian oleh guru. Selian itu terdapat CHAT (Cultural Historical, Activity Theory). Dalam CHAT, perhatian pada pengaruh sosio genetik pada  perkembangan  dan  pencapaian  status  kelompok  merupakan  hal  mendasar  dan memerlukan  analisis  dinamis  dari  agensi  yang  menempatkan 

-Hal bartu yang saya faham,i mengenai bagaimana SAS ini sangat berpnegaruh terhadap pola interaksi siswa dalam banyak hal termasuk proses pembelajaran. Selain itu saya memahami bahwa hal ini terjadi karena seseorang yang emmiliki pola SES rendah dia cenderung akan pendiam karena tidak memiliki power atau motivasi dalam dirinya kurang. Selain itu saya memahami hal baru mengenai CHAT. Dalam CHAT pendidik hatus lebih menaruh perhatuian sosio genetik dalam perkembangan peserta didik

-Hal yang saya ingin pelajari secara lanjut yaitu mengenai SAS dan CHAT. Saya ingin mempelajari lebih lanjut karena menurut saya dengan memahami konteks ini lebih baik saya akan lebih baik lagi dalam melihat perkembangan anak dan melakukan pembelajarn dengan baik.

6.

Koneksi Antar Materi


Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Hal yang syaa pelajari dari koneksi antar materi yaitu pengaitan dengan mata kuliah yang lainnya. Contohnya Jika dikaitkan dengan mata kuliah litreasi berperanmengenai pembuatan teks multimoda yang sesuaidengan adanya sebuah perbedaan untuk menimbulkanrasa semangat melakukan literasi. Jika dikaitkan dengan materi Asessmen Pembelajaran terkita mengenai bagaimana cara pendidik untuk melakukan asessmen diagnostik awal atau asessmen AS Learning untuk melihat perbdaan dan mendesain pembelajaran dengan lebih baik.

7.

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? 

-Pembelajaran ini sangat bermanfaat karena dengan mengetahui SES dan CHAT saya dapat merefleksi diri saya dan mengembangan diri saya terkait pemahaman dan apa yang akan saya laklukan untuk mem buat pembelajaran dengan lebih baik dan bermutu.

-Kesiapan saya saya menilai baru diangka 75%. Saya katakan seperti itu karena saya harus lebih memperdalam lagi pemahaman terkait SES da CHAT.

-Hal yang harus saya persiapkan lebih lanjut yaitu dengan kembali mempelajari SES dan CHAT untuk lebih memperdalam pemahaman saya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Topik 1 Aksi Nyata Presfektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan PPG Prajabatan

      TOPIK AKSI NYATA   (Diajukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan)     Dosen Pe...