TOPIK AKSI NYATA
(Diajukan Guna
Memenuhi Tugas Mata Kuliah Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan)
Dosen Pengampuh:
Dr. Mohammad Na’im, M.Pd
Oleh: Adang
Rismanto
NIM: 240211105690
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN PROFESI GURU
FAKULTAS KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2023
Aksi Nyata.
No. |
Alur
Pembelajaran |
Pertanyaan
Refleksi |
Jawaban |
1. |
Mulai Dari Diri |
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum
memulai proses pembelajaran? |
Hal yang saya fikirkan tentang topik ini seeblum memulai
pembelajaran yaitu hanya mengenai apa saja hal positif dan negatif dalam pandangan
presfektif sosial, budyaa, ekonomi, dan politik dlaam pendidikan. Saya membayangkan
mengenai faktor penghambat dan faktor pendorong mengenai masalah tersebut. Selain
itun juga yang saya fikirkan mengani konsep terkait dal tersebut |
2. |
Eksplorasi Konsep |
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda
pelajari dalam topik ini? |
Hal yang sudah saya pelajari yaitu pertama
mempelajari mengenai video lentera Indonesia. Selain itu saya mepelajari
konsep presfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dlaam pendidikan. Ternayat
dalam pengaplikasiannya terdapat hal yang penting mengenai psikologis anak
dan mental anak. Dengan dapat menyesuaikan hal tersebut maka pendidik akan
dapat membuat pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik dan mendukung
perkembangan peserta didik. |
3. |
Ruang Kolaborasi |
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan
rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? |
Pada ruang kolaborasi, yang saya pelajari bersama
dengan teman satu kelompok saya yaitu mengenai pemikiran atau pandangan
mengenai topik presfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam
pendidikan. Diaman saya dan kelompok berdiskusi mengenai pandangan, kesiapan
dalam mengimplementasikan teori tersebut, persamaan dan perbedaan mengenai presfektif
sosial, budaya, ekonomi, dan politik, dan yang terakhir kami mempelajari
mengenai perbedaan pandangan mengenai menmgajar dalam penggunaan terori persfektif
sosial, budaya, ekonomi, dan politik. |
4. |
Demonstrasi Kontekstual |
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses
demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang
materi, rekan, dan diri sendiri)? |
Pada demonstrasi kontekstual saya memelajari
mengenai pandangan persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik., cara
menyikapi tantangn dalam persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, hal
baik yang bisa di dapatkan dalam pembelajaran ini, dan terakhir mengenai bagaimana
penerapan ilmu ini dalam dunia pendidikan. Saya mempelajari hal tersebut pada
demonstrasi kontekstual |
5. |
Elaborasi Pemahaman |
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami
tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang
berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih
lanjut? |
-Sejauh ini hal sudah saya fahami megenai materi persfektif
sosial, budaya, ekonomi, dan politik yaitu mengenai bagaimana cara menghadapi
tantangan dan rintangan dalam me nghadapi fenomena di atas. Selain itu saya
juga memehami bagaimana cara mengatasinya yaitu dengan menciptakan lingkungan
yang mendukung peserta didik atau sesuai dengan peserta didik. Selain itu
saya juga memahami mengenai dalam persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan
politik terdapat aspek psikologi dan juga aspek mental. -Hal baru saya pelajarai yaitu terkait masalah
psikologi dan juga mental dalam dunai pendidikan. Diaman kedua hal tersebut
sanagat penting seklai dalam proses tumbuh peserta didik dalam pendidikan -Hal yang saya ingin pelajari secara lanjut yaitu mengenai
aspek mental peserta didik. Karena disini aspek mental sanagat harus di
benahi karena maraknya aksi bunuh diri akhir-akhir ini oleh peserta didik. |
6. |
Koneksi Antar Materi |
|
Hal yang saya pelajari di koneksi ini yaitu
pengatitan persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dengan mata kuliah
lain. Dimaan sebagai contoh Jika
kita kaitkan dengan
mata kuliah asesmen,
maka terdapat keterkaitan tepatnya
pada saat pembuatanmodul ajar. Dimana dalam asesmen
terdapat pembuatanmodul ajar menggunakan
CTR (Culturally ResponsiveTeaching). Keterkaitannya bahwa
dalam membuat modul ajar
pendidik harus dapat
pendidik harus mempertimbangkan
faktor budaya. Dengan memasukkan faktor
budaya, diharapkan peserta
didik dapat lebih mudah dalam pemahaman materi dan
lebih tertarik serta. menimbulkan cinta akan kebudayaan dan Jika kita
kaitkan dengan mata
kuliah literasi,maka keterkaitannya mengenai
bagaimana cara mendesain literasi
yang dapat sesuai dengan peserta didik. Pembuatan
literasi yang sesuai ini juga harus mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi,
politik, dan budaya. |
7. |
Aksi Nyata |
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan
Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat
ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut
untuk bisa menerapkannya dengan optimal? |
-Pembelajaran ini sangat bermanfaat karena dengan
mengetahui persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik maka saya akan
dapat memahami bagaimana cara membentuk pendidikan yang sesuai dengan peserta
didik dari banyak aspek. baik itu asepk sosial, ekonomi, budaya, dan politik. -Kesiapan saya saya menilai baru diangka 75%. Saya katakan
seperti itu karena saya harus lebih memperdalam lagi pemahaman terkait persfektif
sosial, budaya, ekonomi, dan politik. -Hal yang harus saya persiapkan lebih lanjut yaitu
dengan kembali mempelajari persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik untuk
lebih memperdalam pemahaman saya. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar