Kamis, 28 Desember 2023

Aksi Nyata Topik 3 Presfektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan PPG Prajabatan

 

 


TOPIK AKSI NYATA

(Diajukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan)

 

 

Dosen Pengampuh: Dr. Mohammad Na’im, M.Pd

 

 

 

 

Oleh: Adang Rismanto

NIM: 240211105690

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS JEMBER

2023


Aksi Nyata.

No.

Alur Pembelajaran

Pertanyaan Refleksi

Jawaban

1.

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Hal yang saya fikirkan tentang topik ini seeblum memulai pembelajaran yaitu hanya mengenai apa saja hal positif dan negatif dalam pandangan presfektif sosial, budyaa, ekonomi, dan politik dlaam pendidikan. Saya membayangkan mengenai faktor penghambat dan faktor pendorong mengenai masalah tersebut. Selain itun juga yang saya fikirkan mengani konsep terkait dal tersebut

2.

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Hal yang sudah saya pelajari yaitu pertama mempelajari mengenai video lentera Indonesia. Selain itu saya mepelajari konsep presfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dlaam pendidikan. Ternayat dalam pengaplikasiannya terdapat hal yang penting mengenai psikologis anak dan mental anak. Dengan dapat menyesuaikan hal tersebut maka pendidik akan dapat membuat pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik dan mendukung perkembangan peserta didik.

3.

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Pada ruang kolaborasi, yang saya pelajari bersama dengan teman satu kelompok saya yaitu mengenai pemikiran atau pandangan mengenai topik presfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan. Diaman saya dan kelompok berdiskusi mengenai pandangan, kesiapan dalam mengimplementasikan teori tersebut, persamaan dan perbedaan mengenai presfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, dan yang terakhir kami mempelajari mengenai perbedaan pandangan mengenai menmgajar dalam penggunaan terori persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

4.

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Pada demonstrasi kontekstual saya memelajari mengenai pandangan persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik., cara menyikapi tantangn dalam persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, hal baik yang bisa di dapatkan dalam pembelajaran ini, dan terakhir mengenai bagaimana penerapan ilmu ini dalam dunia pendidikan. Saya mempelajari hal tersebut pada demonstrasi kontekstual

5.

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?  

-Sejauh ini hal sudah saya fahami megenai materi persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yaitu mengenai bagaimana cara menghadapi tantangan dan rintangan dalam me nghadapi fenomena di atas. Selain itu saya juga memehami bagaimana cara mengatasinya yaitu dengan menciptakan lingkungan yang mendukung peserta didik atau sesuai dengan peserta didik. Selain itu saya juga memahami mengenai dalam persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik terdapat aspek psikologi dan juga aspek mental.

-Hal baru saya pelajarai yaitu terkait masalah psikologi dan juga mental dalam dunai pendidikan. Diaman kedua hal tersebut sanagat penting seklai dalam proses tumbuh peserta didik dalam pendidikan

-Hal yang saya ingin pelajari secara lanjut yaitu mengenai aspek mental peserta didik. Karena disini aspek mental sanagat harus di benahi karena maraknya aksi bunuh diri akhir-akhir ini oleh peserta didik.

6.

Koneksi Antar Materi


Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Hal yang saya pelajari di koneksi ini yaitu pengatitan persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dengan mata kuliah lain. Dimaan sebagai contoh Jika  kita  kaitkan  dengan  mata  kuliah  asesmen,  maka terdapat  keterkaitan  tepatnya  pada  saat  pembuatanmodul ajar. Dimana dalam asesmen terdapat pembuatanmodul  ajar  menggunakan  CTR  (Culturally  ResponsiveTeaching). Keterkaitannya  bahwa  dalam  membuat modul  ajar  pendidik  harus  dapat  pendidik  harus mempertimbangkan faktor budaya. Dengan memasukkan faktor  budaya,  diharapkan  peserta  didik  dapat  lebih mudah dalam pemahaman materi dan lebih tertarik serta. menimbulkan cinta akan kebudayaan dan Jika  kita  kaitkan  dengan  mata  kuliah  literasi,maka  keterkaitannya  mengenai  bagaimana cara  mendesain  literasi  yang  dapat  sesuai dengan peserta didik. Pembuatan literasi yang sesuai ini juga harus mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, politik, dan budaya.

7.

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? 

-Pembelajaran ini sangat bermanfaat karena dengan mengetahui persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik maka saya akan dapat memahami bagaimana cara membentuk pendidikan yang sesuai dengan peserta didik dari banyak aspek. baik itu asepk sosial, ekonomi, budaya, dan politik.

-Kesiapan saya saya menilai baru diangka 75%. Saya katakan seperti itu karena saya harus lebih memperdalam lagi pemahaman terkait persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

-Hal yang harus saya persiapkan lebih lanjut yaitu dengan kembali mempelajari persfektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik untuk lebih memperdalam pemahaman saya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Topik 1 Aksi Nyata Presfektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan PPG Prajabatan

      TOPIK AKSI NYATA   (Diajukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan)     Dosen Pe...