TOPIK AKSI NYATA
(Diajukan Guna
Memenuhi Tugas Mata Kuliah Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan)
Dosen Pengampuh:
Dr. Mohammad Na’im, M.Pd
Oleh: Adang
Rismanto
NIM: 240211105690
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN PROFESI GURU
FAKULTAS KEGURUAN
DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2023
Aksi Nyata.
No. |
Alur
Pembelajaran |
Pertanyaan
Refleksi |
Jawaban |
1. |
Mulai Dari Diri |
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum
memulai proses pembelajaran? |
Saya berpikir bahwa topik ini sebelum syaa mempelajari
hanya membahas mengenai strategi ZPD sajadalam proses pembelaran di dalam
kelas. |
2. |
Eksplorasi Konsep |
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda
pelajari dalam topik ini? |
Saya empelajari mengenaistrategi dalam ZPD. Terdapat beberapa strategi atau juga
metode yang bisa di guakan dalam proses pembeljaaran ZPD. Diantaranya adalah metode
scafodding dalam ZPD. Scafodding ini merupakan pendkeatan dengan bimbingan
yang di sesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kemampuan individu untuk
mendukung perkembangan peserta didik. Scafodding merupakan pendekatan yang
memberikan dukungan yan di berikan oleh seseorang yang berpengalaman kepada
seseorang peserta didik. Tujuannya untuk membantu individu membagi tugas atau
pemahaman yang tidak dapat mereka lakukan sendiri. |
3. |
Ruang Kolaborasi |
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan
rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? |
Dalam ruang kolaborasi syaa mempelajari mengenai strategi
penerapan ZPD dengan lebih mendalam. Pemahaman konsep ini saya pelajari
dengan berkolaborasi mengenai pandangan atau pendapat mengenai strategi ZPD
bersama rekan atau teman satu keompok. Dalam ruang kolaborasi kita dapat
memadukan berbagai pendapat yang ada untuk memunculkan suatu kesimpulan
mengenai bagaimana penerapan strategi ZPD. |
4. |
Demonstrasi Kontekstual |
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses
demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang
materi, rekan, dan diri sendiri)? |
Dalam demonstrasi konseptual kita berdiskusi
mengenai bagaimana penerapan dari strategi penggunaan ZPD dalam pembelajaran.
Terutama mengenai bagaimana cara pendidik untuk mengintegrasikan strategi ZPD
dalam proses pembeljaaran supaya peserta didik dapat memaksimalkan
potensinya. |
5. |
Elaborasi Pemahaman |
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal
sebelum pembelajaran dimulai ? Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? |
-
Terdapat beberapa strategi atau juga metode yang nbisa di guakan dalam proses
pembeljaaran ZPD. Diantaranya adalah Scafodding ini merupakan pendkeatan
dengan bimbingan yang di sesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kemampuan individu
untuk mendukung perkembangan peserta didik. Scafodding merupakan pendekatan
yang memberikan dukungan yan di berikan oleh seseorang yang berpengalaman
kepada seseorang peserta didik. - Hal baru yang sudah saya dapatkan mengenai strategi
ZPD. Saya yang awalnya tidak mengetahui strategi ZPD dapat mengetahuinya. Salah
satunya yaitu scaffoding -Yang saya ingin pelajari secara lanjut yaitu
mengenai strategi ZPD yaitu bagaimana cara supaya penerapan strategi ZPD ini
dapat berjalan dengan baik dalam proses pembelajaran. |
6. |
Koneksi Antar Materi |
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar
materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah
lain? |
Dalam koneksi ini saya melakukan pembelajaran dengan
mengaitkan strategi ZPD dengan mata kuliah yang lain. Pengaitan pengetahuan
ini meliputi berbagai mata kuliah yang ditempuh selama mengikuti PPG pada semester
1 ini. Dengan melakukan hal tersebut, maka akan dapat meperoleh pemahaman yang
lebih baik dalam penerapan konsepsi ZPD dalam pembelajaran. |
7. |
Aksi Nyata |
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa
alasannya? Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya
dengan optimal? |
-Pembelajaran mengenai ZPD ini sangat bermanfaat,
karena dapat menerapkan strategi ZPD dalam proses pembelajaran sehingga
pembelajaran dapat menjadi lebih baik dengan penerapan strategi yang pas
untuk pelaksanaan ZPD. -Kesiapan saya mengenai konsepsi ini menurut saya 8
dari 10. Karena saya masih memiliki kekurangan dalam pemahaman ZPD ini dan
harus terus dikembangkan lagi dengan memperbanyak literasi bacaan mengenai
ZPD dan perlu adanya aksi nyata dalam penerapan ZPD. -Yang perlu saya persiapkan adalah pemahaman mendalam
mengenai konsepsi strategi penggunaan ZPD ini. Selain itu saya juga harus
mempersiapkan strategi yang terbaik dalam pelaksanaan ZPD dengan mempertimbangkan
asepk peserta didik. Sehingga saya dapat membuat pembeljaaran yang sesuai dan
mendukung peserta didik. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar