Kamis, 28 Desember 2023

Topik 5 Aksi Nyata Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan PPG Prajabatan

 

 

TOPIK AKSI NYATA

(Diajukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan)

 

 

Dosen Pengampuh: Dr. Mohammad Na’im, M.Pd

 

 

 

 

Oleh: Adang Rismanto

NIM: 240211105690

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS JEMBER

2023


Aksi Nyata.

No.

Alur Pembelajaran

Pertanyaan Refleksi

Jawaban

1.

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Saya berpikir bahwa topik ini sebelum syaa mempelajari hanya membahas mengenai strategi ZPD sajadalam proses pembelaran di dalam kelas.

2.

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Saya empelajari mengenaistrategi dalam ZPD. Terdapat beberapa strategi atau juga metode yang bisa di guakan dalam proses pembeljaaran ZPD. Diantaranya adalah metode scafodding dalam ZPD. Scafodding ini merupakan pendkeatan dengan bimbingan yang di sesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kemampuan individu untuk mendukung perkembangan peserta didik. Scafodding merupakan pendekatan yang memberikan dukungan yan di berikan oleh seseorang yang berpengalaman kepada seseorang peserta didik. Tujuannya untuk membantu individu membagi tugas atau pemahaman yang tidak dapat mereka lakukan sendiri.

3.

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Dalam ruang kolaborasi syaa mempelajari mengenai strategi penerapan ZPD dengan lebih mendalam. Pemahaman konsep ini saya pelajari dengan berkolaborasi mengenai pandangan atau pendapat mengenai strategi ZPD bersama rekan atau teman satu keompok. Dalam ruang kolaborasi kita dapat memadukan berbagai pendapat yang ada untuk memunculkan suatu kesimpulan mengenai bagaimana penerapan strategi ZPD.

4.

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Dalam demonstrasi konseptual kita berdiskusi mengenai bagaimana penerapan dari strategi penggunaan ZPD dalam pembelajaran. Terutama mengenai bagaimana cara pendidik untuk mengintegrasikan strategi ZPD dalam proses pembeljaaran supaya peserta didik dapat memaksimalkan potensinya.

5.

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?  

- Terdapat beberapa strategi atau juga metode yang nbisa di guakan dalam proses pembeljaaran ZPD. Diantaranya adalah Scafodding ini merupakan pendkeatan dengan bimbingan yang di sesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kemampuan individu untuk mendukung perkembangan peserta didik. Scafodding merupakan pendekatan yang memberikan dukungan yan di berikan oleh seseorang yang berpengalaman kepada seseorang peserta didik.

- Hal baru yang sudah saya dapatkan mengenai strategi ZPD. Saya yang awalnya tidak mengetahui strategi ZPD dapat mengetahuinya. Salah satunya yaitu scaffoding

-Yang saya ingin pelajari secara lanjut yaitu mengenai strategi ZPD yaitu bagaimana cara supaya penerapan strategi ZPD ini dapat berjalan dengan baik dalam proses pembelajaran.

6.

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Dalam koneksi ini saya melakukan pembelajaran dengan mengaitkan strategi ZPD dengan mata kuliah yang lain. Pengaitan pengetahuan ini meliputi berbagai mata kuliah yang ditempuh selama mengikuti PPG pada semester 1 ini. Dengan melakukan hal tersebut, maka akan dapat meperoleh pemahaman yang lebih baik dalam penerapan konsepsi ZPD dalam pembelajaran.

7.

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? 

-Pembelajaran mengenai ZPD ini sangat bermanfaat, karena dapat menerapkan strategi ZPD dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih baik dengan penerapan strategi yang pas untuk pelaksanaan ZPD.

-Kesiapan saya mengenai konsepsi ini menurut saya 8 dari 10. Karena saya masih memiliki kekurangan dalam pemahaman ZPD ini dan harus terus dikembangkan lagi dengan memperbanyak literasi bacaan mengenai ZPD dan perlu adanya aksi nyata dalam penerapan ZPD.

-Yang perlu saya persiapkan adalah pemahaman mendalam mengenai konsepsi strategi penggunaan ZPD ini. Selain itu saya juga harus mempersiapkan strategi yang terbaik dalam pelaksanaan ZPD dengan mempertimbangkan asepk peserta didik. Sehingga saya dapat membuat pembeljaaran yang sesuai dan mendukung peserta didik.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Topik 1 Aksi Nyata Presfektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan PPG Prajabatan

      TOPIK AKSI NYATA   (Diajukan Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Prespektif Sosial Kultural Dalam Pendidikan)     Dosen Pe...